Penyebab Salah Bantal, Ini Solusi Mengatasinya

Penyebab Salah Bantal, Ini Solusi Mengatasinya

Leher terasa kaku dan tengeng terjadi akibat salah tidur. Penyebab salah bantal bisa jadi indikasi area otot leher anda menjadi kaku dan sakit untuk digerakkan. Apalagi kejadian tersebut biasanya terjadi setelah bangun tidur. Kemungkinan besar posisi tidur salah dan bisa menyebabkan area bawah kepala menjadi sulit untuk menengok dan digerakkan.

Baca : Tips Memilih Kasur Busa

Penyebab Salah Bantal, Ini Solusi Mengatasinya

Keluhan leher terasa kaku maupun nyeri bisa juga akan merambat kebagian tubuh lainnya, yaitu bahu. Mungkin juga hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga Anda. Biasanya kejadian ini orang menyebutnya leher tengeng atau salah bantal.

Salah bantal atau yang disebut bahasa medisnya muscle strain biasanya terjadi akibat posisi tidur yang kurang tepat atau bisa juga keadaan tidur yang kurang nyaman. Sebab lainnya bisa juga dalam keadaan pada saat menyetir mobil, posisi leher anda terlalu ke depan atau maju. Begitu juga terjadi pada saat anda bekerja di depan laptop untuk mengetik tugas maupun pekerjaan dalam keadaan lama. Bisa juga membawa beban yang cukup berat yang dipusatkan pada satu titik seperti bahu dan tersangga oleh leher.

Menurut dokter spesialis rehabilitasi medik, menggunakan jenis pillow (bantal) yang terlalu tinggi dengan posisi badan yang statis pada waktu tidur dalam keadaan lama bisa menyebakan nyeri pada area leher. Sehingga di keesokan harinya leher akan terasa kaku, nyeri dan sakit. Gangguan ini terjadi pada otot-otot leher maupun bahu saja.

Cara Mengatasi Salah Bantal

Untuk mengatasinya biasanya dengan melakukan  stretching atau peregangan dan kegiatan olahraga. Hal ini bisa meminimalisir sampai dengan 70 persen dalam menjaga kekuatan otot leher. Lakukan juga pemanasan pada leher dan bahu untuk melenturkan otot-otot yang tertarik. Hal ini bisa anda lakukan secara teratur pada setiap bangun tidur.

Selanjutnya yaitu dengan memilih bantal busa yang empuk dan nyaman serta jangan menggunakan pillow yang terlalu tinggi yang hanya menyangga pada sisi kepala saja. Sebaiknya pillow digunakan juga untuk menyangga pada sisi bahu anda. Sehingga tidur bisa nyaman dan sakit leher karena salah bantal bisa teratasi.

Itulah beberapa penyebab salah bantal yang mungkin pernah anda alami dan cara mengatasinya cukup mudah dan ringan sehingga anda dan keluarga bisa lebih sehat serta fit setelah bangun tidur.

 

Sumber : health.kompas.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *