5 Kutu Kasur dan Cara Membasminya

Kutu Kasur dan Cara Membasminya

Kutu Kasur yang terdapat di busa memang cukup menyebalkan. Bahaya dari binatang ini cukup mengkhawatirkan mengingat terkadang ranjang yang ditempati bukan saja untuk orang dewasa, melainkan juga tempat tidur anak dan balita. Oleh karena itu membasmi kutu busuk ini harus dilakukan agar tidak membahayakan pada waktu tidur.

Tungau dengan jenis yang kecil terkadang tidak terlihat dan menyelinap di antara sprei maupun kasur. Hal ini yang terkadang sulit mengingat kecilnya binatang ini. Akan tetapi serangga kasur bukan tidak saja di hilangkan, melainkan kita harus cermat dan teliti untuk menemukannya. Dalam artikel ini kami akan membahasa macam-macam kutu atau boleh di sebut secara umum dengan serangga yang biasanya terdapat di matras atau kasur.

Kutu Kasur dan Cara Membasminya

kutu kasur

tribunnews

5 Kutu Kasur / Serangga

1. Bed Bug

Bed bug merupakan sebuah kutu atau lebih di sebut sebagai serangga yang terdapat pada hewan. Hewan yang kurang bersih bisa menyebabkan terjangkitnya kutu ini. Bagaimana serangga yang terdapat pada hewan bisa ada di dalam kasur. Hal ini biasanya terjadi pada sebagian hewan piaraan yang masuk ke dalam kamar dan bermain di kasur, sehingga kutu ini bisa berpindah dari badan binatang ke kasur.

Untuk membasmi serangga ini biasanya harus menggunakan pestisida khusus. Karena pestisida biasa tidak mempan untuk jenis serangga ini.

2. Flea

Sejeni kutu ini bisa hinggap di kasur dan menyebabkan gigitan untuk menularkan penyakit. Jika seseorang telah tergigit pada jenis kutu kasur ini, maka indikasinya adalah bisa terserang penyakit tipes dan alergi. Selain di kasur, adakalanya hewan kecil ini juga bisa hinggap di matras atau karpet dan menelur di sana. Cara membasminya yaitu dengan cara membersihkan dengan obat khusus dan cuci secara regular agar terjaga kebersihannya.

3. Lice

Lice adalah semacam kutu yang biasanya hidup di rambut. Binatang yang telatif kecil ini bisa hidup di kepala seseorang dan bertelur serta berkembangbiak di area kepala dan rambut. Perpindahan kutu kasur ini biasanya terjadi karena seseorang yang tidur di kasur maupun bantal. Artinya jika sudah terkontaminasi di bagian kasur, sprei atau bantal maka bisa saja berpindah ke kepala orang yang belum terkena kutu tersebut. Sehingga bersihkan dan cuci sprei atau sarung bantal secara berkala dan obati kutu rambut di kepala akan menjadi sebuah solusi

4. Scabies

Di lihat secara ukuran nya, jenis kutu kasur ini memiliki panjang badan yang cukup mungil, bahkan terkadang sulit dipandang dengan mata. Ukuran yang mencapai sekitar 0.40 mm ini bahkan hampir tidak terlihat oleh mata, sehingga harus benar-benar cermat. Kutu ini bersarang di kasur dan sprei yang jarang sekali dibersihkan. Kotornya sebuah kasur dan sprei tersebut akan lebih mempermudah jenis serangga kecil ini berkembang. Sehingga dengan obat tertentu dan di cuci secara rutin akan bisa menghilangkan kutu kasur ini.

5. Tick

Jenis kutu lainnya yang biasa menghinggap di kasur yaitu tick. Kutu yang satu ini bisa menularkan berbagai penyakit yang akan menjangkit seseorang. Penyakit semacam meningoencephalitis, lyme disease, zika, maupun  panas adalah jenis penyakit yang sering di sebabkan oleh kutu kecil ini.

Baca :

Tips Membersihkan Kasur Busa

Oleh karena itu jika memang anda memiliki kasur busa, maka langkah-langkah berikut ini bisa menjadi tips agar kasur busa tetap awet namun higienis.

  1. Cuci secara rutin sarung bantal, sprei, dan selimut.
  2. Jemur kasur busa secara berkala dan hilangkan debu yang menempel.
  3. Semprotkan cairan/obat pembasmi kutu secukupnya pada bagian kasur busa (copot covernya) dan diamkan sampai kering.
  4. Jangan terlalu banyak menyemprotkan pada busa, karena jika terlalu basah busa akan sulit keringnya.
  5. Jika memang sulit untuk mengeringkannya anda bisa gunakan hair dryer untuk mengeringkannya.
  6. Jaga selalu kesehtan rambut, kepala, dan tubuh yang dapat menularkan kutu ke orang lain.
  7. Hindari kelembaban suhu pada kasur karena ini juga bisa mengakibatkan jamur dan berkembangbiakan kutu.
  8. Bagi yang memelihara hewan, usahakan jangan sampai bermain ke atas kasur.
  9. Usahakan hewan piaraan selalu terjaga kesehatannya.

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

Pemesanan kasur Inoac

  • Kontak : Ibu Dinnar
  • Alamat : Jalan Menceng Raya Blok F1 No.1 Cengkareng – Jakarta Barat
  • Telepon / WA : 0813-8172-5022
  • Email : istimewafoam [at] gmail.com
  • Website : www.jualkasurinoac.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *