Tidur Siang Saat Puasa, Sehatkah ?

Tidur Siang Saat Puasa – Lemas, lapar, bahkan rasa haus tentu bagian dari seseorang melaksanakan ibadah puasa. Bahkan terkadang pola tidur dan pola makan juga ikut berubah dan menyesuaikan dengan kondisi puasa. Rasa kantuk yang mendera saat siang hari tak jarang menghinggap pada seseorang yang sedang menjalankan ibadah ini. Namun apakah anda tahu, bahwa tidur di siang hari saat puasa atau di bulan ramadan banyak manfaatnya?.

Terkadang sebagian dari kita di bulan ramadan, khususnya di siang hari memanfaatkan waktu untuk bisa terlelap. Di samping rutinitas seperti mengaji, tadarrus, dan sholat sunnah lainnya, sebagian kita juga cukup mengantuk saat habis salat dhuhur. Wajar saja, normalnya biasa tubuh di bulan-bulan lainnya bisa sampai 6-7 jam, tetapi saat puasa mungkin bisa berubah menjadi 4-5 jam saja, sehingga rasa kantuk kerap menghinggap di waktu siang hari.

tidur siang saat puasa

Baca Juga :

Sehatkah Tidur di Siang Hari

Perubahan-perubahan seperti pola tidur inilah yang menyebabkan metabolisme tubuh juga ikut menyesaikan. Sehingga tidak mengherankan jika saat puasa rasa kantuk di siang hari lebih hebat jika dibandingkan dengan hari lainnya. Akan tetapi jika anda pandai mengatur waktu saat tidur siang, maka manfaat nya justru lebih banyak. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasannya berikut ini.

Jantung Yang Sehat

Jantung akan bekerja dengan secara terus menerus untuk memompa darah dalam tubuh. Kapan waktu nya jantung bisa ‘istirahat’ sejenak. Jawabannya saat anda tidur. Inilah mengapa tidur siang dapat menyehatkan jantung, tentu jika tidak terlelu berlebihan. Karena jika tidur siang dengan waktu yang proporsional akan memberikan dampak baik untuk jantung. Jantung akan istirahat sejenak dan ini sunggung menyehatkan.

Mengurangi Rasa Lapar

Tidur siang di saat puasa juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu akan membantu anda mengurangi rasa lapar. Tentu dengan tidur siang akan cukup terbantu untuk mengurasi rasa lapar dalam beberapa waktu. Saat tidur lapar tersebut akan bisa tidak dirasakan oleh tubuh, sehingga hal ini dapat membatu menahan rasa lapar dalam beberapa waktu. Hal ini terbukti bahwa ada peningkatan leptin dan ghrelin yakni 2 metabolik dalam tubuh yang dapat mengatur nafsu makan dan rasa lapar.

Mood Lebih Baik

Peningkatan mood menjadi lebih baik bisa didapat dari tidur siang saat puasa. Adanya sebuah hormon neuroendokrin menjadi tidak seimbang jika kurangnya tidur, sehingga mood akan lebih mudah marah dan lelah. Salah satu solusinya agar bisa menjadi normal yaitu dengan tidur di siang hari saat puasa.

Itulah beberapa manfaat tidur siang saat puasa. Jika memang aktivitas sudah padat dilakukan dan anda membutuhkan istirahat, maka tidur siang bisa menjadi sebuah alternatif tersendiri agar anda bisa fit dan segar kembali. Akan tetapi janganlah berlebihan dan menjadi sebuah alasan bahwa tidur siang akan mengurangi produktivitas anda dalam bekerja.

Baca Lainnya :

Puasa adalah ibadah yang sangat mempunyai banyak keistimewaan. Oleh karena itu bijaklah dalam setiap aktivitas, khususnya tidur. Janganlah berlebihan dan terkesan malas-malasan, tetapi tidur siang saat puasa akan lebih bijak sebagai satu aktivitas agar tubuh bisa bekerja lagi dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *